Back to Top

Hi, Guest!

  LOKASI :  Kota Bandung

Bergabung Selama :

BAGIKAN :   

Bagikan :
  • Bor Tugal Lobang Pupuk dan Resapan [ Fertilizer Auger ]

Bor Tugal Lobang Pupuk dan Resapan [ Fertilizer Auger ]

Update Terakhir
:
11 / 09 / 2023
Min. Pembelian
:
0
Dilihat Sebanyak
:
236 kali

Harga

CALL
Bagikan
:
Berbagi kiat dan pengalaman PT Cipta Visi Sinar Kencana penyedia teknologi biodigester, piroliser, komposter, gasifier [Biophos_kkoGas] berikut ( agen hayati, bakteri dan enzim) katalog produk https://www.kencanaonline.com bidang pengelolaan sampah, limbah dan biomassa mendukung bioindustri dan bioenergi.

https://www.kencanaonline.com/

Perhatian !

Perusahaan ini terdaftar sebagai Free Member. Hindari melakukan pembayaran sebelum bertemu penjual atau melihat barang secara langsung. COD (Cash On Delivery) atau bertemu langsung dengan penjual merupakan metode transaksi aman yang kami sarankan.

Detail Bor Tugal Lobang Pupuk Dan Resapan [ Fertilizer Auger ]

Teknologi tepat guna ramah lingkungan guna mengatasi masalah akibat pemupukan kimia ( an- organik) dan genangan air ( banjir) adalah dengan membuat bor atau tugal Lobang Resapan Biopori. Spesifikasi Bor Biopori : Bahan pipa galvanis anti karat, Bahan mata bor stainless steel 3 mm, Diameter pipa 12, 5 mm dengan panjang 1, 2 m dan tangkai 40 cm, Diameter mata bor ( 200 mm/ 4 inch) Sebagaimana diketahui, pemupukan tanaman dengan menggunakan pupuk prill ( tabur) oleh para petani selama ini seringkali berlebihan dibanding dosis rekomendasi, pupuk ditabur jauh dari pohon dan mulut akar serta pupuk terbawa aliran air ( top leaching run- off) dan menguap terbawa panas. Di sekitar perakaran tanaman keras juga seringkali terdapat genangan air akibat drainase kebun yang buruk atau perkebunan berada di areal bawah permukaan air sungai. Genangan air dalam skala luas juga bisa terjadi akibat curah hujan yang tinggi tidak disertai kemampuan tanah menyerap dan memerangkap air karena terbatasnya lobang resapan. Tanah yang terlalu lama diasupi pupuk kimia dan tanah di sekitar perkotaan dan bangunan umumnya akan sulit menyerap air hujan. Manfaat Lobang Resapan Biopori adalah meningkatkan daya resapan air, meningkatkan peran aktifitas fauna tanah dan akar tanaman serta mengatasi masalah genangan air akibat banjir dan drainase yang buruk. Cara Pembuatan Lobang Resapan 1. Buat lobang menggunakan bor atau tugal Biopori yakni silindris kedalam tanah dengan diameter 10 cm, kedalaman 100 cm serta jarak antar lobang 50 sampai 100 cm, 2. Mulut lobang diperkuat adukan semen selebar 2 sampai 3 cm, tebal 2 cm di sekeliling lubang, 3. Isi lobang dengan kompos setengah matang ( masih hangat dan berproses dekomposisi oleh mikroba activator) Dalam 7 hari sampai 1 bulan akan terjadi pembiakan jasad renik dalam tanah, sehingga membuat tanah remah dan merongga dan akan meluas kesemua arah lobang resapan. Dengan peronggaan dan penggemburan tanah, Lobang akan mampu menampung dan memerangkap air tergenang ( hujan) melebihi volume asalnya ( diameter x tinggi lobang) saat pertama kali dibuat. Banyaknya lobang resapan disesuaikan dengan intensitas air hujan yang akan diperangkap kedalam tanah. Sebagai contoh, intensitas hujan 50 mm/ jam ( hujan lebat) dengan laju peresapan air per lubang 3 liter/ menit ( 180 liter per jam) pada 100 m2 bidang tanah, perlu dibuat ( 50 x 100) dibagi 180 atau sebanyak 28 lobang Resapan. Bor tugal ini juga bermanfaat untuk mengatasi masalah dalam aplikasi pupuk ( tablet) . Caranya dengan membuat lobang dengan cara menugal tanah sekitar pohon. Buat lobang hingga 15 cm dari permukaan tanah sejumlah 4 hingga 8 lobang - sesuai arah kedelapan mata angin. Letakan tablet Gramalet sesuai dosis anjuran. Tutup lobang dengan tanah, bersihkan gulma disekitar perakaran+ + )
Tampilkan Lebih Banyak